Ambon-beritasumbernews.com  Sebanyak 34 Kabid Humas di seluruh Indonesia, dengan perwakilan Subbid terlihat mengikuti kegiatan optimalisasi pengelolaan media digital yang digelar Divisi Humas Polri, di Dian Ballroom Hotel Ciputra, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Optimalisasi pengelolaan media digital dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu Damai Tahun 2024, sekaligus menyamakan persepsi tentang penggunaan kekuatan pengembang fungsi kehumasan serta peningkatan kualitas SDM Humas Polri.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Rum Ohoirat, dan perwakilan Subbid Humas Polda Maluku turut hadir dalam kegiatan yang dibuka oleh Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dr. Sandi Nugroho tersebut.

Irjen Sandi Nugroho dalam sambutannya, mengungkapkan, humas saat ini menjadi fungsi utama Kepolisian. Humas harus mampu memberikan masukan kepada pimpinan dalam menentukan arah kebijakan, khususnya menghadapi agenda nasional Pemilu 2024.

Melalui kegiatan konsolidasi ini, Irjen Sandi berharap bisa menyamakan pola pikir, cara bertindak dalam penanganan isu sensitif bagi jajaran kehumasan Polri di daerah. Dan terpenting, lanjut Dia, ialah dapat memberikan masukan kepada pimpinan saat terjadi kontijensi, bencana alam dan sebagainya untuk menunjukkan peran humas sebagai pemberi solusi yang tepat.

“Kita harus dapat memberikan saran ataupun masukan kepada pimpinan dalam menyelesaikan setiap persoalan yang ada dengan menunjukkan peran penting kehumasan,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini para Kabid Humas dapat lebih memaksimalkan fungsinya sebagai pemberi solusi yang tepat kepada pimpinan.

Sementara itu, kegiatan optimalisasi pengelolaan media digital ini turut menghadirkan narasumber terbaik, seperti Ketua Dewan Pers, Dr. Ninik Rahayu. Ia membawakan topik materi “Pers menyukseskan dan mewujudkan Pemilu 2024 aman dan damai”.

Pemateri lainnya yaitu Ketua Bawaslu, Plt Deputi IV KSP, Analisis medial digital, PT Pertamina dan beberapa pemateri internal dari Kepolisian.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan tanya jawab untuk menciptakan strategi tepat dalam mensukseskan Pemilu Damai 2024.(chey)