Halut,beritasumbernews.com

Warga masyarakat Desa Margo Mulyo, Kec. Kao Barat, Halut tepatnya lokasi Sawah Kelompok Budi Karya yang telah melaksanakan panen Raya padi sawah tahun 2021.

Informasi berita ini di himpun Redaksi media ini dari informasi masyarakat yang namanya enggan di beritakan, sumber menyampaikan

Menurut sumber, hadir dalam kegiatan tersebut PJ Bupati Halut Syaifuddin Djuba.M.Si, Anggota Komisi IV DPR RI Ny. Alien Mus.SH, Calon Bupati Halut terpilih Ir. Frans Manery, Wakil Bupati Haltim Anjas Taher.SE,M.Si.

Selain itu hadir pula Mewakili Kapolres Halut yakni” Wakapolres Halut Kompol Alwan Alfat, Kadis pertanian Pemda Halut Daut S.P, M. Si, Kepala BPPT Maluku Utara Hamman Riza, Kapolsek Kao Ipda Masqun Abdukish. SH.

Bahkan hadir juga Camat Kao Barat Abner Tukang S. Pd, Penyuluh Pertanian, masyarakat dan Tamu undangan yang turut hadir kurang lebih 60 orang.

Mengawali kegiatan di sampaikan Sambutan Kepala Dinas Pertanian Pemda Halut Daut S.P, M.Si yakni”
Hari ini dapat kami lapor akan bahwa lahan padi sawah di Desa Margo Mulyo yang sudah siap panen kurang lebih sebesar 380 Ha.

Periode panen tahun ini dari hasil pengamatan dilapangan dapat kita lihat bersama mendapatkan hasil yang meningkat jika di bandingkan dengan periode panen sebelumnya.

Wilayah Kao barat merupakan lumbung pangan di wilayah Halut dan masalah utama yang di hadapi para petani di wilayah ini adalah irigasi,Alsintan dan pupuk.

Sambutan berikut di sampaikan oleh Pj Bupati Halut” Informasi terakhir yang saya terima bahwa petani di Desa Margomulyo dan Desa Wonosari produksinya sangat baik karena penentuan waktu tanam yang tepat, kekompakkan para petani.

Tambah Syaifuddin” Berkaitan dengan Alsintan yang kebetulan ibu Alien Mus anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian ada bersama sama dengan┬ákita sehingga dimohon kiranya ibu dapat merespon kebutuhan masyarakat petani Halmahera Utara dan juga yang bersumber dari Kementerian Pertanian

Kata Syaifuddin” Peningkatan produksi padi sawah ditentukan oleh ketersediaan Saprodi pupuk dan obat-obatan dan air irigasi.

Berdasarkan data luas sawah yang akan dipanen musim tanam II
ini, yaitu 380 Ha, dengan perkiraan produksi 6,5 ton per hektar gabah
kering panen (GKP) yang bila dikoversikan ke beras menjadi2,912 ton sehingga Desa Margomulyo akan menghasilkan beras 1,106,560 kg. Ungkap Syaifuddin

Kemudian di hiasi dengan Sambutan Anggota Komisi IV DPRI Alin Mus SH, menyampaikan dalam sambutannya” Tugas kita adalah memajukan ekonomi masyarakat dan mari kita saling bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.Kata Alin Mus

Saya selaku perwakilan dari Maluku Utara telah mengajukan bantuan irigasi ke komisi V DPR RI dan telah dianggarkan untuk provinsi Maluku Utara mendapatkan bantuan sejumlah 7 M. Jelasnya

Kata dia” Kami sangat berharap semoga warga di Margo Mulyo bisa memproduksi padi dengan baik dan mendapatkan hasil yang melimpah.

Tambahnya” Kami meminta kerja sama dari Kepala Dinas Pertanian agar secepatnya mendata kebutuhan pupuk dan alsintan yang di butuhkan warga kec Kao Barat ini agar dapat segera kita ajukan dalam rakor bersama Menteri Pertanian.

Tutupnya” Kami akan berkoordinasi dengan Bulog agar mereka dapat menyerap hasil gabah kering petani dan semoga mereka dapat memberi harga yang layak supaya ekonomi masyarakat dapat meningkat.

Sedangkan Sambutan Calon Bupati Halut terpilih Ir Frans manery mengatakan” Wilayah kec Kao barat sangat berpotensi untuk pengembangan Pertanian padi sawah.

Menurut data lahan Pertanian yang ada di wilayah Kao Barat kurang lebi sebanyak 4000 Ha dan karena keterbatasan alat Pertanian dan irigasi baru terolah sebanyak 2000 Ha.

Lanjutnya” Kami sangat berharap kepada ibu Alin Mus selaku keterwakilan masyarakat Halut di DPR-RI dapat memperjuangkan bantuan alsintan karena di Kao barat terdapat 8 desa yang produktif di pertanian.

Mengenai masalah pasca panen di wilayah Kao Barat ini sangat kurang dengan adanya fasilitas penggilingan dan gudang penampungan. Pungkasnya

Sedangkan Masalah lain yang menghambat pertumbuhan Pertanian di Kao Barat adalah masalah drainase dan irigasi dan itu patut menjadi atensi kita bersama untuk di cari pemecahannya. Cetusnya

Usai sambutan yang di sampaikan itu dalam acara panen raya tersebut kemudian di lanjutkan dengan panen padi secara simbolis oleh Pj Bupati bersama para undangan.

(Veja)